Kalender
April 2014
M T W T F S S
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

A. PEREDARAN DARAH BESAR (PEREDARAN DARAH SISTEMATIS)

Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke serambi kanan jantung.

Darah dari bilik kiri dipompakan ke seluruh tubuh melalui aorta, kemudian pembuluh darah Aorta bercabang-cabang menjadi arteri dan arteri bercabang lagi membentuk aeteriol yang tersebar diseluruh tubuh dan bisa mengakses seluruh sel tubuh kita . Selanjutnya darah dikembalikan ke jantung bagian kanan tepatnya ke serambi kanan  melalui Vena cava superior untuk tubuh sebelah atas jantung dan Vena cava inferior untuk tubuh sebelah bawah jantung.


Gambar 1. Peredaran Darah Besar

B. PEREDARAN DARAH KECIL (PEREDARAN DARAH PULMONARIS)

Peredaran Darah Kecil adalah peredaran darah yang dimulai dari bilik kanan jantung menuju paru-paru, kemudian kembali ke serambi kiri jantung.

Darah dari ventrikel kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, darah ini banyak mengandung karbondioksida sebagai sisa metabolisme untuk dibuang melalui alveolus paru-paru ke atmosfer. Selanjutnya darah akan teroksigenasi pada kapiler paru-paru dan kembali ke atrium kiri melalui vena pulmonalis. Maka Arteri Pulmonalis adalah satu satunya aretri yang kaya karbondioksida dan Vena Pulmonalis adalah satu vena yang kaya akan Oksigen


 

 

 

 

 

 

Gambar 2. Peredaran Darah Kecil

ANIMASI PEREDARAN DARAH
Tekan Tombol PLAY!!

Tinggalkan Pesan