Kalender
July 2014
M T W T F S S
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

1)       Transplantasi Jantung.

Transplantasi Jantung yaitu mengganti jantung  pasien   yang sudah rusak dengan jantung baru yang masih baik.  Keberhasilan transplamtasi jantung pertama kali dilakukan pada tanggal 3 Desember 1967.  Dr. Christian Barnard mengambil jantung seorang  pasien yaitu Louis Washkansky yang rusak dan menggantinya dengan jantung yang masih baik dari seorang wanita yang meninggal akibat kecelakaan.

Gambar 1. Proses Transplantasi Jantung

2)      Jantung Buatan

Operasi jantung mulai berkembang setelah diciptakan mesin seperti jantung pada tahun 1953. Selama operasi jantung, jantung dibuat tidak aktif. Sebagai gantinya,  dipasang mesin jantung yang berfungsi menggantikan fungsi jantung, memompa, dan memberi oksigen kedalam darah.  Mesin jantung ini memiliki saluran yang berhubungan dengan vena cava dan aorta. Mula-mula  pompa mesin jantung menyedot darah dari vena cava jantung ( darah kaya CO2  ) untuk dibawa menuju ke oksigenator. Di oksigenator darah diperkaya  dengan oksigen dan diambil karbon dioksidanya. Darah yang sudah kaya oksigen dan tidak mengandung karbon dioksida dipompa menuju aorta dan dari aorta darah terpompa ke seluruh tubuh. Agar darah  tidak menggumpal selama operas, darah diberi heparin yang merupakan senyawa antikoagulan. Setelah operasi selesai  dan sirkulasi darah kembali dikendalikan oleh jantung, maka aktifitas heparin dinetralkan dengan menggunakan  protamin sulfat.

 

(a)                                                                             (b)

Gambar 2. (a) jantung buatan (b) posisi jantung buatan dalam tubuh

3)      Ecokardiograf  (ECG)

Ecokardiograf merupakan suatu teknik untuk mengetahui struktur internal dan gerakan jantung dan pembuluh darah yang besar tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh pasien. Caranya, gelombang ultrasonik diarahkan ke dada pasien menggunakan transduser. Kemudian transduser bertindak sebagai penerima pantulan balik gelombangultrasonik (echo) untuk membentuk bayangan. Gambaran yang dibentuk oleh echo dipindahkan ke layar, yang dapat menampilkan gambaran bagian dalam jantung, ukuran dan gerakan dinding ventrikel, anatomi dan gerakan katup, arah aliran darah, adanya gumpalan darah, dan tumor di jantung. Ecokardiograf berguna untuk mendiagnosa penyakit dan gangguan pada katup jantung, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, tumor di jantung, dan gangguan fungsi ventrikel kiri.

 

Gambar 3. (a) Pasien di atas lintasan EKG (alat uji latih jantung). (b) Elektrokardiogram pada jantung.

4)      Pemindaian Dengan Bahan Radioaktif

Pemindaian dengan bahan radioaktif merupakan cara yang aman untuk mengenali penyakit jantung. Pada dasarnya metode ini dilakukan untuk mengetahui aliran darah di arteri jantung dan untuk mengetahui fungsi ventrikel. Pasien disuntik dengan bahan radioaktif yang tidak berbahaya. Kemudian pasien berbaring dan di bagian jantung di periksa dengan detektor sinar gamma. Detektor akan merekam gambar jantung dan dari rekaman tersebut dapat dibuat foto polaroidnya. Metode ini digunakan untuk memeriksa rasa nyeri dada atau memastikan hasil uji menggunakan metode lain, memeriksa hasil terapi jantung atau operasi by pass.

Gambar 4. Pemindaian oleh Bahan Radioaktif

5)      Angioplasti

Angioplasti merupakan alat yang digunakan untuk membuka aliran darah pada pembuluh darah yang tersumbat oleh plak (timbunan lemak). Caranya , balon yang masih kempis diletakkan pada tabung kecil panjang (kleter), kemudian dimasukkan kedalam bagian arteri yang tersumbat. Setelah letaknya tepat, balon digelembungkan. Saat balon membesar , plak akan terdorong keluar, arteri melebar dan aliran darah kembali lancer.

Gambar 5. Angioplasti Dalam Pembuluh Darah


 

Tinggalkan Pesan